Pengertian Domain

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pemahaman domain ialah daerah, wilayah, atau ranah. Lebih detil, domain ialah satu ruangan (baik secara fisik atau abstrak) di mana suatu hal itu ada atau benar atau diadakan.

Dalam pada itu, domain mempunyai pengertian lain di dunia tehnologi info. Diambil dari Trick Memaksimalkan Google AdSense oleh James Timothi, domain ialah nama unik yang diberi untuk mengenali nama server computer, seperti situs server atau e-mail server di jaringan computer atau internet.

Sebuah halaman website dari internet sebetulnya dikenal dengan deretanan angka yang disebutkan alamat IP

Manfaat Adanya Domain

Hosting, wujud fisiknya ialah computer server di mana anda dapat simpan berbegai file untuk web anda. Karena jumlah web itu banyak, karena itu computer server yang dipakai banyak.

Supaya tidak terganti karena itu masing-masing computer server itu dikasih nomor yang terbagi dalam angka-angka. Beberapa angka berikut yang disebutkan IP address atau alamat IP. Misalnya semacam ini 47.74.244.18.

Bila memakai angka mirip contoh di atas, maka susah untuk mengingatnya. Nach sebagai jalan keluarnya dibuatlah domain yang disebut nama yang gampang dikenang sebagai alternatif dari alamat IP.

Tahukah anda, dapat sehingga anda kerap berkunjung alamat IP pada contoh di atas. Alamat IP itu ialah punya tokopedia. Nach, Tersebut faktanya dari faedah domain.

Langkah Kerja Domain

Sebelumnya terakhir sebuah web diperlihatkan ke monitor browser Anda, ada proses performa sebuah domain.

Pertama kali, Anda masukkan nama domain ke browser, sesudah tekan enter, karena itu browser akan mengirimi request ke DNS (Domain Name Sistem).

Lalu, server-server ini sama-sama berbicara cari name server yang terkait dengan domain yang ditempatkan, lalu melanjutkan requestnya ke name server itu.

Name server ini ialah database/server yang berisi info tentang nama domain dan alamat IPnya dan ini diatur oleh provider hosting di mana web dibikin.

Bila web Anda ada di provider hosting namanya Stephost, karena itu nameservernya akan semacam ini, ns1.stephost.com atau ns2.stephost.com.

Pada situs server ada terinstal Apache atau Nginx. Sesudah proses itu usai, karena itu halaman web akan ada di halaman browser.

3 Tipe Domain Umum Yang Biasa Dipakai

Hebat Tingkat Domain (TLD)

Hebat Tingkat Domain (TLD) ialah tambahan (extension) yang berada diakhir nama sebuah domain. Selaku contohnya, dalam www.facebook.com , yang disebut TLD ialah akhiran.com yang ada di alamat facebook. Dalam TLD sendiri, ada tiga tipe domain, Generic Hebat Tingkat Domain (GTLD), Country Kode Hebat Tingkat Domain(CCTLD), dan Premium Hebat Tingkat Domain(PTLD).

Second Tingkat Domain (SLD)

SLD atau yang umum disebutkan dengan “2LD”. Umumnya SLD mengarah pada nama sebuah organisasi, atau lembaga. Antiknya kembali, domain ini bisa dipakai dengan membeli, atau membuat sendiri.

Third Tingkat Domain (TLD)

TLD atau yang umum dikenali bernama sub domain. Sebagai contoh, bila domain dibikin untuk kepentingan website karena itu umumnya domain akan seperti website.domainname.com. Berlainan dengan bila sebuah domain dibikin untuk kepentingan e-mail, karena itu domain nya akan seperti webmail.domainname.com.

Ketidaksamaan Domain dan Hosting

Kemungkinan beberapa kamu bertanya, apa sich ketidaksamaan dari domain dan hosting? Apa sama-sama atau bagaimana? Secara terangnya, domain dan hosting sebagai dua hal yang lain meskipun ada pada sebuah tempat yang serupa.

Analoginya ialah jika hosting ialah rumah, domain sebagai alamat dari rumah itu. Terang, jika ke-2 hal itu benar-benar berlainan.

Menurut WP Beginners, walau berlainan, domain dan hosting tidak dapat dipisah karena ke-2 elemen ini sama-sama terkait dan terkait keduanya.

Tanpa domain, mustahil untuk orang untuk mendapati website, dan tanpa hosting kamu tidak bisa membuat sebuah website secara baik.

Verified by MonsterInsights