Pengertian Crypto Currency

Digitalisasi yang berkembang cepat memengaruhi dunia investasi, bisa dibuktikan dengan makin melesatnya harga crypto. Sekarang trading crypto menjadi satu diantara instrument investasi yang paling disukai karena dapat menguntungkan yang besar. Beberapa trader yang berbisnis bitcoin, ethereum, dan cryptocurrency yang lain semakin hari semakin saja.

Bersamaan dengan tingginya keuntungan yang dapat didapat, risiko trading crypto tidak kalah besar lho. Meski begitu tidak menurunkan ketertarikan beberapa orang untuk masuk ke dalamnya.

Bila kamu tertarik untuk lakukan trading crypto , seharusnya kamu ketahui dahulu ide jual-beli mata uang digital ini supaya terbebas dari risiko rugi yang lumayan besar.

Kamu tentu seringkali dengar istilah trading saham atau jual-beli saham kan? Nach, trading crypto mempunyai pemahaman yang serupa, namun object transaksi bisnisnya berbentuk cryptocurrency.

Cryptocurrency sendiri ada karena ada blockchain dan pasar mata uang digital. Beberapa macam cryptocurrency yang populer ialah bitcoin, ethereum, dan doge yang nilai capai beberapa puluh bahkan juga beberapa ratus juta rupiah.

Beberapa trader akan menjualbelikan asset crypto yang mereka punyai. Tetapi harus diingat jika crypto mempunyai tingkat volatilitas yang tinggi sekali dan pasarnya bukan sepanjang 24 jam penuh. Ini berlainan dengan pasar saham yang cuma dibuka pada pukul kerja saja dan tutup pada beberapa hari tertentu.

Maknanya, nilai asset crypto dapat berbeda setiap waktu tanpa perduli waktu dan jam. Bila kamu menekuni di dunia trading crypto, karena itu kamu harus seringkali mengawasi fluktuasi harga, bahkan juga di saat pagi hari.

Peranan Cryptocurrency

1. Beli Barang / Jasa

Sekarang ini, ada beberapa toko yang mulai berlakukan cryptocurrency sebagai alat pembayarannya, terhitung dua perusahaan terkenal Overstock dan Newegg.

Kamu bisa juga memakai cryptocurrency di beberapa restaurant, hotel, penerbangan, program, dan bar. Bahkan juga, diambil dari Cointelegraph, ada perguruan tinggi yang telah berlakukan cryptocurrency.

Tetapi, umumnya perusahaan itu baru terima Bitcoin.

2. Investasi

Peranan cryptocurrency yang lain ialah investasi.

Di awal cryptocurrency terkenal, harga semakin meningkat tajam. Tidaklah aneh beberapa orang ‘mendadak kaya’ sesudah investasi lewat cryptocurrency.

Konsepnya lebih kurang sama dengan konsep ekonomi, yakni harga akan naik saat ada beberapa keinginan.

Makin bertambah orang lakukan investasi dengan cryptocurrency, karena itu harga akan makin naik. Tetapi, terakhir peningkatan harga mata uang digital itu tidak sesignifikan sekian tahun lalu.

Investasi dengan cryptocurrency termasuk juga dalam kelompok high risk.

3. Mining

Mining atau pertambangan sebagai poin utama dalam cryptocurrency.

Pada intinya, pemakai harus pecahkan teka-teki cryptography yang sulit untuk memverifikasi transaksi bisnis dan menulisnya dalam blockchain.

Teka-teki itu dapat diperpecahkan dengan mining. Makin besar daya komputasi pemakai, karena itu makin besar juga kesempatan mereka untuk merusakkannya.

Bila sukses pecahkan teka-teki itu, kamu akan terima hadiah sebagai ongkos transaksi bisnis.

Faedah Blockchain Dalam Usaha Crypto

Pemakaian blockchain tidak lepas dari cryptocurrency atau transaksi bisnis mata uang digital hingga proses jual-belinya semakin aman.

Sebagai info, penemu blockchain, yakni Satoshi Nakamoto (nama rahasia) mengaplikasikan tehnologi baru ini ke cryptocurrency pertama kalinya dengan dikenalkannya Bitcoin di tahun 2008.

Maka dari itu, nyaris mustahil untuk mengulas blockchain dan faedahnya tanpa bicara mengenai cryptocurrency.

Adapun faedah blockchain dalam transaksi bisnis kripto, salah satunya:

1. Transaksi bisnis yang Lebih Terbuka

Blockchain mempunyai karakter terdesentralisasi hingga semua transaksi bisnis bisa disaksikan secara terbuka.

Tiap usaha dan pribadi yang lakukan transaksi bisnis juga mempunyai kendalian penuh atas transaksi bisnis mereka dan tak perlu takut akan ada terlibat dari pihak lain.

Siapa pun bisa menyaksikan transaksi bisnis yang terjadi langsung dengan mempunyai node individu atau memakai pelacak blockchain.

Walau tingkat transparannya tinggi, tapi tiap catatan yang diletakkan di blockchain Bitcoin (dan mayoritas yang lain) sudah dienkripsi.

Itu maknanya, cuma pemilik catatan yang bisa mendekripsi untuk mengutarakan identitas mereka . Maka, pemakai blockchain tetap anonim sekalian jaga transparan.

2. Keamanannya Terjaga

Sama seperti yang sudah diterangkan awalnya, tingkat keamanan tehnologi yang ini sangat tinggi. Masalahnya tiap transaksi bisnis yang sudah dilaksanakan tidak bisa di-edit atau dihapus oleh siapa saja.

Maka semua transaksi bisnis yang sudah divalidasi akan dicatat secara tetap.

3. Tingkatkan Efektivitas Transaksi bisnis

Ada blockchain dapat tingkatkan efektivitas tiap transaksi bisnis yang sudah dilakukan secara digital.

Semua transaksi bisnis sudah dicatat secara ringkas dalam database. Waktu transaksi bisnis jadi lebih cepat dan semua bisa ditaruh di blockchain dan digerakkan secara automatis.

Selainnya lebih efektif, transaksi bisnis dalam blockchain dipandang lebih tepercaya. Pemakainya juga bisa terima data yang tepat dengan tepat waktu.

Walau sering dipakai dalam transaksi bisnis cryptocurrency, tapi tehnologi blockchain ini terus akan diperkembangkan hingga dapat diterapkan dalam beberapa hal.

Apa yang Terjadi Bila Asset Kripto Listing

Pada basis exchange asset kripto, listing crypto disimpulkan sebagai gestur keyakinan pada sebuah project asset kripto saat asset tercatat dengan trading pair dengan mata uang fiat lokal dan USDT, atau salah satunya trading pair khusus yang lain (seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH) atau Ripple (XRP)). Dengan begitu, pemakai bisa lakukan transaksi bisnis dengan memakai trading pair berkaitan asset kripto itu.

Proses listing ini tidak sekedar hanya mendaftarkan saja, tetapi ada syarat yang penting untuk dipenuhi dengan project asset kripto itu agar diperjualbelikan pada suatu bursa. Bila sebuah bursa lakukan listing atas sebuah asset kripto, maknanya asset kripto itu telah penuhi semua persyaratan yang diperlukan oleh bursa itu.

Verified by MonsterInsights