Pengertian Candlestick

Candlestick adalah taktik yang dapat kamu pakai untuk ambil keuntungan dari investasi asset crypto. Sistem ini awalannya sering dipakai oleh trader saham, tetapi juga bisa diterapkan pada trading asset crypto. Saat sebelum mengawali trading crypto, yok kenali dahulu pemahaman, asal mula, langkah membaca, dan beberapa jenis candlestick dalam artikel berikut!

Candlestick crypto ialah sebuah sistem analitis harga yang memakai diagram untuk memvisualisasikan gerakan harga kripto dari hari ke hari. Kemungkinan kamu kerap dengar istilah ini dalam trading saham, tetapi sistem ini berlaku saat lakukan trading crypto. Dalam diagram candlestick terbagi dalam bagian-bagian untuk mengidentifikasi status harga , yakni:

  1. Pembukaan atau open
  2. Penutupan atau close
  3. Tertinggi atau high
  4. Terendah atau low

Diagram candlestick ini bisa menolong trader untuk membaca keadaan harga sekarang ini, sekalian meramalkan harga di masa datang. Masalahnya candlestick dapat meramalkan berlangsungnya bullish (pengokohan harga) dan bearish (pelemahan harga) sebagai panduan apa trader harus beli atau jual kripto.
Bila pasar sedang bullish, biasanya trader akan jual asset yang dia punyai. Kebalikannya, bila harga sedang bearish, trader beli asset karena harga sedang rendah.

Tipe Candlestick

Tipe candlestick ada tiga berdasar alurnya. Mencuplik dari Foreximf, ke-3 tipe candlestick yakni Skema Candlestick Singgel, Skema Candlestick Ganda, dan Skema Candlestick Triple. Seperti apa tiap tipe skema candlestick dalam diagram saham? Berikut penuturannya.

1. Skema Candlestick Singgel

Dalam Skema Candlestick Singgel, kamu perlu memperhatikan skema di bagian badan satu candlestick. Tersebut kenapa tipe ini di namakan Candlestick Singgel. Skema Candlestick Singgel sendiri mempunyai beberapa macam kembali yakni Marubozu, Long Candle, Spinning Tops, Doji, dan Hammer and Hanging Man.

2. Skema Candlestick Ganda

Pada Skema Candlestick Ganda, kamu perlu memperhatikan dua badan candlestick yang berdekatan. Misalnya pada tipe skema Harami di mana bila munculnya candlestick lebih kecil dibanding candlestick bearish awalnya mengisyaratkan timbulnya bullish Harami, begitu juga kebalikannya. Tipe lain dari Skema Candlestick Ganda yakni Engulfing Pattern, Dark Cloud Clover and Piercing Line, dan Tweezer.

3. Skema Candlestick Triple

Mempunyai nama Triple, tipe skema candlestick ini perlu memperhatikan tiga badan candlestick pada diagram. Misalnya seperti tipe Morning Star dan Evening Star. Pertanda Morning Star bisa kamu kenali jika candlestick pertama sebagai candlestick bearish, candlestick ke-2 bertubuh kecil (dapat bullish atau bearish), dan candlestick ke-3 sebagai candlestick bullish yang lebih panjang dari candlestick ke-2 . Disamping itu ada tipe lain Skema Candlestick Triple yakni Three White Soldiers and Three Black Crows.

Membaca Anatomi Candlestick

Harga Terbuka

Sisi bawah atau atas badan candle akan memperlihatkan harga membuka, bergantung apa asset bergerak semakin tinggi ataupun lebih rendah sepanjang masa lima menit. Bila trend harga naik, tangkai kerap kali warna hijau atau putih dan harga membuka ada di sisi bawah. Bila trend harga turun, tangkai atau candle kerap kali warna merah atau hitam dan harga membuka ada di atas.

Harga tinggi

Harga tinggi sepanjang masa candlestick diperlihatkan oleh sisi atas bayang-bayang atau ekor di atas badan. Bila pembukaan atau penutupan ialah harga paling tinggi, jadi tidak bakal ada bayang-bayang atas.

Harga rendah

Rendahnya diperlihatkan oleh sisi bawah bayang-bayang atau ekor di bawah badan. Bila pembukaan atau penutupan ialah harga paling rendah, jadi tidak bakal ada bayang-bayang bawah

Tutup Harga

Penutupan ialah harga paling akhir yang diperjualbelikan sepanjang tangkai diperlihatkan oleh sisi atas (untuk tangkai hijau atau putih) atau bawah (untuk batangmerah atau hitam) badan.

Saat candle tercipta, candle terus akan berbeda bersamaan gerakan harga. Pembukaan masih sama, tapi sampai candle usai, harga paling tinggi dan paling rendah berbeda. Berwarna bisa juga berbeda saat tangkai tercipta. Ini kemungkinan berbeda dari hijau jadi merah, misalkan, bila harga sekarang ini ada di atas harga pembukaan tapi selanjutnya turun di bawahnya. Saat waktu periode lilin usai, harga paling akhir ialah harga penutupan, lilin usai, dan lilin baru memulai tercipta.

Verified by MonsterInsights