Mining Crypto

Bicara mengenai crypto memiliki arti bicara mengenai reputasinya yang alami kenaikan sepanjang satu tahun akhir di Indonesia. Bukan hanya di Indonesia, hal ini ternyata terjadi di pasar internasional. Berdasar data Kementerian Perdagangan, sampai akhir Mei 2021, jumlah investor asset crypto capai 6,lima juta orang. Jumlah ini ternyata bertambah lebih dari 50 % dibanding dengan tahun 2020. Lalu, apakah itu crypto?

Mining crypto dengan bahasa Indonesia memiliki arti menambang crypto. Mining crypto sebuah proses perpecahan permasalahan matematika yang sulit. Maka dari itu, proses ini kerap dimisalkan sebagai proses menambang emas. Proses perpecahan permasalahan matematika ini sebagai wujud usaha untuk menambahkan block baru dalam mekanisme transaksi bisnis crypto yang disebutkan dengan blockchain.

Bagaimana Langkah Mining

Menambang di Pool Mining

Langkah menambang bitcoin yang lain ialah menambang di pool mining. Simpelnya, kamu tergabung kemampuan dengan beberapa penambang lain pada suatu pool (kolam) untuk mining bitcoin. Nanti, kamu akan share imbalannya untuk hasil yang didapat dari mining bitcoin.

Bagaimanakah cara menambang bitcoin di pool mining? Pertama, kamu harus mendaftarkan ke sebuah kolam atau pool. Seterusnya, kamu dan semua penambang yang ada di pool yang serupa sepakat untuk share imbalan bitcoin berapa saja dengan anggota kolam lainnya. Dengan begitu, kamu akan terima pembayaran kecil dengan teratur.

Cloud Mining

Selanjutnya, ada langkah menambang bitcoin yang dikenali dengan panggilan cloud mining. Simpelnya, dengan sistem cloud mining kamu beli CPU power dari data center yang mempunyai peralatan untuk beraktivitas mining cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC) atau altcoins yang lain dapat ditukar jadi bitcoin.

Keuntungan dari pendekatan ini ialah Anda tak perlu mempunyai pengetahuan dalam berkenaan hardware mining, atau beli perlengkapan mahal dan tidak dapat dijangkau. Sewa ‘hash power‘ (kadang terarah dalam Gigahertz per detik atau GH/s) memiliki arti tak perlu terkait dengan panas dan berisik dalam proyek mining DIY.

Namun langkah menambang bitcoin dengan cloud mining mempunyai resiko yang tinggi. Misalkan, untuk mining bitcoin di cloud mining, kamu harus bayar uang di muka. Bila harga bitcoin sedang turun, kamu kemungkinan terjerat dalam sebuah kontrak dan menambang dalam rugi, terkecuali bila harga bitcoin naik kembali.

Bitcoin ialah sebuah revolusi di dunia perbankan, dan bagaimanakah cara mining bitcoin

Berapakah sebetulnya nilai mata uang digital ini? Terdaftar pada 2017 harga satu bitcoin sama dengan Rp11.72 Juta. Dan pada 2019 nilainya sentuh tingkat Rp55.7 Juta per bitcoin. Maknanya ada peningkatan nilai bitcoin nyaris 4 kali lipat.

Dapat disebut bitcoin ialah sebuah revolusi di dunia perbankan karena mata uang digital ini mengganti aturan yang sudah demikian lama bercokol.

Aturan yang diartikan ialah peraturan perbankan di mana uang yang warga pakai diciptakan dan dipantau oleh sebuah instansi khusus punya negara.

Segala hal berkenaan uang ditata secara tersentral oleh pemerintahan lewat instansi terutamanya itu. Terhitung catatan buat apa saja uang itu kita pakai.

Bitcoin ialah mata uang yang lain. Mata uang digital ini tidak diregulasi oleh kekuasaan yang tersentral. Bukannya, bitcoin ialah mata uang yang didukung oleh jaringan computer lintasi dunia yang dikenali sebagai nodes.

Langkah Menambang Bitcoin

  1. Memakai Alat-Alat Computer Pakai alat computer khusus untuk mining seperti motherboard, processor, hard drive, RAM, dan piranti lain bila diperlukan.
  2. Kartu Grafis Kamu perlu minimal 2 kartu grafis yang terbaik untuk mining bitcoin.
  3. RAM Kamu perlu memory RAM tim elite 4GB type DDR4 PC2400. Kemampuan ini cukup kok.
  4. Power Suplai Minimal kamu perlu power suplai 750 watt supaya proses mining tidak terhalang.
  5. Kipas Pendingin Kipas pendingin ni mempunyai tujuan supaya computer tidak cepat panas.
  6. Motherboard Kamu dapat pilih motherboard multi slots PCI-E. Ingat, tentukan sama sesuai bujet kamu ya.
  7. Processor atau CPU Sama seperti yang telah disebut sebelumnya CPU sebagai salah satunya bagian utama. Minimum kamu harus punyai yang Core i5 atau i7.
  8. Hard Drive Minimum kamu punyai 250GB dan hard drive SSD. Tidak boleh pakai yang HDD ya, supaya proses mining berjalan mulus.
Verified by MonsterInsights