Alarm Pencuri – Lindungi Rumah Kalian

Alarm pencuri telah menjadi hal yang umum di hampir semua toko besar dan dunia bisnis. Rumah pribadipun tidak mau ketinggalan terlalu jauh di belakang. Kemajuan teknologi dan persaingan di pasar telah menurunkan harga sistem alarm keamanan yang dulu sangat mahal, sekarang sudah turun secara drastis.

Bagaimana Cara Kerja Alarm Pencuri?

Seperti yang kita semua tahu, Alarm kabel sekarang sudah hampir punah.

Maka sekarang kita bahas bagaimana cara kerja Alarm pencuri nirkabel beroperasi:

  1. Terhubung dengan frekuensi radio
  2. Terhubung dengan sinar cahaya infra merah

Sistem kabel membutuhkan daya untuk beroperasi terus menerus tidak seperti alarm nirkabel yang berjalan dengan daya baterai. Ada tipe ketiga, yang menggabungkan fitur dari dua sebelumnya dan dikenal sebagai alarm hybrid.

Alarm pencuri beroperasi dengan prinsip sederhana. Ketika ‘koneksi’ atau sirkuit terputus, mereka terpicu. Ketika penyusup lewat di antara dua sensor atau pintu terbuka, itu terdeteksi oleh sirkuit pemutus mereka.

Biasanya ada 2 jenis sirkuit; sistem rangkaian terbuka dan sistem rangkaian tertutup. Jangan sampai kita terjebak dalam jargon dan kata-kata klise; sirkuit tertutup beroperasi ketika pintu ditutup saat listrik mulai mengalir. Tetapi ketika terganggu dengan membuka pintu, sirkuit juga terbuka dan alarm berbunyi. Dan ini adalah kebalikan dari ini pada alarm sirkuit terbuka. Sirene dipicu ketika pintu ditutup.

Alarm sirkuit tertutup adalah pilihan pertama untuk pintu depan karena takut kabel dipotong oleh pencuri.

Bagaimana cara kerja sensor? Dalam sistem kabel, magnet menarik sakelar pegas untuk menutup sirkuit ketika pintu ditutup. Saat pintu terbuka, pegas memendek dan menyebabkan sirkuit putus dan memicu alarm. Prinsipnya sama untuk sistem infra merah nirkabel juga. Di tempat magnet dan kabel, ada sensor infra merah dan emitor. Jika sensor tidak merasakan cahaya infra merah karena alasan seperti pintu terbuka atau penghalang lainnya, sirkuit rusak.

Alarm Pencuri juga berguna dalam melindungi mobil. Alarm mobil berbasis radio FM semakin populer karena kesederhanaannya. Mereka memiliki sistem dua bagian: pemancar, dipasang ke mobil dan penerima yang bisa berada di luar mobil (rumah atau kantor). Penerima membuat suara ketika pencuri memindahkan mobil beberapa meter dari teras Anda. Jika alarm nirkabel (pemancar) terputus dari baterai, alarm jarak jauh tetap aktif karena penerima masih terus mengeluarkan suara. Jadi alarm pencuri jenis ini sangat bisa diandalkan.

Saat memasang, pastikan Anda mengikuti kode yang ditentukan oleh perusahaan asuransi atau mengesahkannya oleh pihak ketiga seperti Laboratorium Penjamin Emisi, dll. Lagi pula, Anda membutuhkan seseorang bahkan setelah alarm pencuri dilanggar.

Verified by MonsterInsights